“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Dan dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahma Nya (hujan) hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu. Maka kami keluarkan dengan sebab hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanam-tanamannya tumbuh dengan seizin Allah, dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami)bagi orang-orang yang bersyukur.” (QS Al A’raf : 56-58)

Twitter

Batu Baterai, Menguntungkan atau Merugikan?

Posted by Antonio Suharto - -

Baterai ramah lingkungan
(Sumber foto: Google.com)
B-A BA T-U TU BATU
B-A BA T-E TE R-A RA I BATERAI
Batu baterai...
Pintar... Adik makin pintar saja membacanya ya...hahaha maaf bercanda :D

Batu baterai sebenarnya menguntungkan atau merugikan sih? Keuntungannya dapat memberikan daya energi listrik untuk peralatan elektronik seperti remote control, radio, ponsel, dan sebagainya. Tetapi kerugiannya sangatlah besar yaitu dapat mencemari lingkungan apabila dibuang sembarangan.

Ternyata di dalam isi baterai mengandung zat kimia berbahaya di antaranya merkuri (Hg) dan kadmium (Cd). Baterai bekas yang sudah tidak terpakai bila dibuang sembarang ke tanah atau sungai akan mudah meledak dan mengeluarkan zat kimia merkuri dan kadmium.

Zat-zat kimia yang demikian apabila terkontaminasi dengan air di sungai akan menyebabkan kematian kepada organisme air seperti plankton dan ikan. Apabila di sungai tersebut dijadikan tempat untuk mandi maka akan menyebabkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit. Oleh karena itu, berhatilah-hatilah apabila Anda ingin membuang batu baterai yang sudah habis energinya.

Mau tahu bagaimana caranya untuk memilih dan menggunakan batu baterai yang aman bagi kesehatan dan lingkungan? Baiklah...seperti ini caranya...cekibrot !

1. Pilihlah batu baterai yang tidak mengandung zat merkuri dan kadmium

Batu baterai dari Indonesia seperti batu baterai ABC (Maaf, bawa nama produk nih !...hehehe) merupakan salah satu baterai yang tanpa zat kimia merkuri dan kadmium. Selain itu, batu baterai ini telah ber-SNI. Tak ada salahnya kan kalau kita menggunakan produk dalam negeri sendiri.

2. Gunakan batu baterai yang dapat diisi ulang (recharge)

Batu baterai yang demikian dapat menghemat uang karena apabila sudah habis tidak perlu beli baru cukup diisi ulang saja. Tapi ingat ! Jangan berlama-lama mengisi ulang batu baterai ini karena bila terlalu lama tidak baik juga bagi kondisi fisik batu baterai tersebut.

Demikian sedikit tips sederhana yang dapat saya berikan. Selain mudah, kita juga dapat menjaga lingkungan dan energi bagi kehidupan kita bukan !

Leave a Reply

Terima kasih telah mengomentari postingan saya :)