“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Dan dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahma Nya (hujan) hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu. Maka kami keluarkan dengan sebab hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanam-tanamannya tumbuh dengan seizin Allah, dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami)bagi orang-orang yang bersyukur.” (QS Al A’raf : 56-58)

Twitter

Hemat Air, Hemat Energi, Lingkungan Lestari

Posted by Antonio Suharto - -

Air yang selalu kita gunakan untuk minum, mandi, mencuci, dan lain-lain sering kita gunakan secara berlebihan, contohnya saja kita sering membuka keran air untuk mengisi bak mandi hingga tumpah ruah bahkan lupa untuk menutup kembali kerannya.

Seharusnya kita ingat kepada saudara-saudara kita sebangsa dan setanah air yang masih sulit dan kekurangan mendapat air bersih seperti di daerah Nusa Tenggara dan Papua. Sampai saat ini pun mereka masih berusaha untuk mendapatkan air bersih dan sehat.
Gunakanlah air secukupnya seperlunya
(Sumber foto: Penulis)
Berhemat-hematlah dalam menggunakan air, hemat di sini maksudnya bukan menghemat sehemat-hematnya sampai kita sendiri merasa tersiksa, tetapi menggunakan air secukupnya dan seperlunya saja. Semakin kita berhemat maka energi yang kita gunakan untuk mendapatkan air seperti listrik untuk menggerakan pompa air semakin hemat.

Selain hemat energi, ternyata kita telah membantu untuk menjaga kelestarian lingkungan di Bumi ini seperti kita turut andil untuk menjaga kebersihan sungai karena air yang tercampur dengan sabun untuk mandi dan mencuci tidak terlalu banyak.

Maka pesan saya kepada para pembaca sekalian berhematlah dalam menggunakan air, masih banyak orang-orang yang membutuhkan air yang bersih dan sehat. Makin hemat air maka makin hemat energi dan makin lestari lingkungan kita.

Leave a Reply

Terima kasih telah mengomentari postingan saya :)