“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Dan dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahma Nya (hujan) hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu. Maka kami keluarkan dengan sebab hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanam-tanamannya tumbuh dengan seizin Allah, dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami)bagi orang-orang yang bersyukur.” (QS Al A’raf : 56-58)

Twitter

Tips-Tips Menanggulangi Pemanasan Global

Posted by Unknown - -

Suhu Bumi semakin panas dan cuca makin tak menentu
(Sumber foto: Google.com)


Aduh... Tadi waktu saya membuka Facebook, betapa saya merasa kasihan ketika saya membaca status teman-teman saya yang berada di kota Jakarta dan Bekasi yang pada intinya berisi keluhan betapa panasnya cuaca di sana. Dulu saya memang warga dari daerah sana dan saya pernah merasakan hal yang demikian. Tetapi, ketika saya pindah ke kota Majalengka untuk melanjutkan SMA, saya tidak pernah mengeluh seperti itu karena cuaca Majalengka yang memang cukup sejuk dan berbeda dengan cuaca di daerah Jakarta dan Bekasi.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberi tips-tips untuk menanggulangi pemanasan global atau global warming. Inilah tips-tipsnya...cekibrot !
  1. Jika Anda ingin melakukan perjalanan menuju sekolah, kantor, pasar, atau ke mana saja yang masih berada di dalam kota usahakan untuk tidak bepergian menggunakan kendaraan bermotor. Apabila jarak perjalanannya sangat dekat, lebih baik menggunakan sepeda atau berjalan kaki.
  2. Padamkan peralatan elektronik yang sudah tidak digunakan lagi.
  3. Jangan gunakan AC pada pagi hari dan malam. Usahakan untuk menggunakan AC pada pukul 13.00-17.00.
  4. Hindari menggunakan kendaraan bermotor untuk bepergian jarak dekat, dan jangan pula menggunakan kendaraan bermotor untuk hal-hal yang tidak penting seperti kebut-kebutan liar di jalan raya karena selain menyebabkan polusi udara, dapat pula menyebabkan polusi suara dan kecelakaan jalan raya.
  5. Tanamlah pohon di lahan rumah yang masih kosong, apabila tidak ada lahan kosong di rumah sendiri tanamlah tanaman di dalam pot.
  6. Jangan menebang pohon.
  7. Jangan membuang sampah sembarangan.
  8. Daur ulang kembali sampah-sampah yang masih dapat dijadikan peralatan yang berguna.
  9. Gunakan botol minuman yang dapat digunakan berkali-kali. Jangan gunakan botol minuman mineral bekas pakai untuk dijadikan wadah air minum karena akan merusak kesehatan.
  10. Gunakan tas belanja yang ramah lingkungan.
Sekian tips-tips yang saya dapat berikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca blog Indo Greeny. Apabila Anda peduli dengan lingkungan lakukanlah tips-tips di atas.

Leave a Reply

Terima kasih telah mengomentari postingan saya :)