“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Dan dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahma Nya (hujan) hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan di daerah itu. Maka kami keluarkan dengan sebab hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanam-tanamannya tumbuh dengan seizin Allah, dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami)bagi orang-orang yang bersyukur.” (QS Al A’raf : 56-58)

Twitter

Sungaiku Bersih di Kota Majalengka yang Tercinta

Posted by Antonio Suharto - -

Majalengka adalah tempat saya tinggal, tempat saya menimba ilmu, dan tempat saya menemukan banyak teman. Majalengka yang telah berusia 520 tahun tetap menjadi kota yang asri dan indah pesonanya. Majalengka mendapat julukan "Kota Angin" atau "Netherland van Java" karena anginnya yang dingin setiap saat berhembus dari gunung Ciremai menuju dataran rendah Majalengka. Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di provinsi Jawa Barat yang terletak di Majalengka dan telah menjadi ikon kota Majalengka.
Seorang pemancing ikan di tepi sungai Cimanuk, Jatitujuh, Majalengka
(Sumber foto: Penulis)
Saya sangat mencintai kota Majalengka terutama pada keindahan sungainya. Kota ini dilintasi oleh sungai Cimanuk. Sungai ini dijadikan sarana untuk irigasi pertanian, rekreasi dan tenaga pembangkit listrik. Sungai ini sangat dicintai oleh seluruh petani di Majalengka karena kebersihan dan dan dekat dengan lahan pertanian warga Majalengka. Di sungai ini juga dibangun bendungan untuk menggerakan turbin dan generator listrik, nama bendungannya bendungan Rentang yang terletak di kecamatan Jatitujuh, Majalengka.
Suasana sore hari di sungai Cimanuk, Jatitujuh, Majalengka
(Sumber foto: Penulis)
Angin sepoi-sepoi sangat terasa di sepanjang sungai ini. Sungai ini sangat terjaga kebersihan dan keindahannya. Pada hari jadinya yang ke-520, sungai ini dijadikan tempat untuk diadakannya lomba memancing massal. Sungai ini sangat produktif akan unsur biotiknya terutama ikan.
Lomba mancing massal gratis dalam rangka HUT Majalengka ke-520
di Bendungan Rentang Majalengka
(Sumber foto: Google.com)
Para pembaca blog Indo Greeny yang saya banggakan, bila ada waktu dan kesempatan jangan lupa untuk mengunjungi kota Majalengka dan bila Anda ingin mengadakan observasi jangan lupa untuk singgah ke sungai Cimanuk kebanggaan masyarakat kota Majalengka.

One Response so far.

Leave a Reply

Terima kasih telah mengomentari postingan saya :)